Susu Kedelai Minuman Untuk Diet Dan Tips Tanpa Repot

Menjadikan susu kedelai sebagai bagian dari menu diet tentu sangat dianjurkan karena berbahan alami dan menyehatkan. Di samping alami, berbahan nabati, penuh gizi, susu kedelai juga tidak kalah nikmatnya dengan susu sapi murni. Perbedaan susu kedelai dengan susu sapi murni hanya pada aroma ‘keamisan’ saja. Dengan begini, bisa jadi anda sebagai pecinta diet vegetarian akan beralih mengkonsumsi susu kedelai daripada susu sapi. Bagi yang tidak suka aroma susu sapi, susu kedelai bisa menjadi alternatif penggantinya.

susu kedelai

Mungkin banyak orang merasa repot menjadikan susu kedelai sebagai minuman untuk diet. Karena pembuatannya yang membutuhkan waktu berjam-jam bahkan sampai satu hari agar mekar dan hilang bau kedelainya. Daripada membuat sendiri, lebih baik membeli ke penjual susu kedelai. Sebuah solusi yang mahal. Padahal, membuat susu kedelai tidak serepot yang dibayangkan asalkan tahu caranya.

Bagaimana diet sehat dengan susu kedelai? Apakah anda ingin tahu bagaimana membuat susu kedelai yang beraroma wangi, rasa gurih, kental dan tentunya hilang aroma kedelainnya? Anda bisa menjadikan minuman untuk diet bila sudah bisa membuatnya.

Persiapan Dalam Pembuatan Susu Kedelai

Ini adalah langkah yang membuat anda tidak merasa kerepotan membuat susu kedelai. Kenapa? Karena langkah ini menggunakan sistem praktis dalam penyiapan kedelai langsung olah tanpa disusahkan harus menunggu berjam-jam.

Pertama-tama, siapkan kacang kedelai 1 atau setengah kilo. Lalu masukkan 1 atau setengah kilo ke dalam bejana yang mencukupi untuk wadah. Kasih air secukupnya sampai agak menenggelamkan kedelai. Tujuannya untuk melakukan perendaman agar mekar.

Memang bisa langsung mekar tanpa direndam yaitu dengan cara dimasak. Toh nantinya dimasak juga. Namun lebih baik dengan cara peredaman saja sampai beberapa jam agar lebih menghemat bahan bakar gas.

Bila sudah mekar, anda bisa melanjutkan ke tahap perebusan. Cukup membutuhkan waktu sekitar 10 menit dihitung sejak air mendidih. Tujuan melakukan perebusan adalah untuk menghilangkan bau kedelai dan juga agar kedelai bisa dibuat susu. Tanpa dimasak terlebih dahulu maka susu kedelai beraroma tengik dan juga sari kedelai tidak bisa menyatu dengan air.

Setelah perebusah selesai, buang airnya dan masukkan kacang kedelai ke dalam plastik es yang berukuran besar. Masukkan ke frizer agar tidak mengalami pembusukan. Kacang kedelai yang sudah direbus akan mengalami pembusukan sehingga harus disimpan dalam frizer bukan sekedar di lemari pendingin.

Dengan cara seperti ini, sangat simpel dalam pembuatan susu kedelainnya. Anda tingal memblender, menyaring, dan memasaknya setiap kali mau meminum susu kedelai.

Kenapa tidak langsung saja dibuat agar bisa diminum dalam 1 minggu? Pertama, tentu akan memakan tempat. Kedua, bila lewat dalam satu hari, tentu akan basi. Ketiga, solusi mengatasi cepat basi dengan cara dibekukan tentu akan merepotkan karena harus ada proses pencairan.

Jadi menggunakan kacang kedelai cukup seukuran cangkir teh setiap ingin menikmati susu kedelai dalam wadah segelas besar.

Pembuatan Susu Kedelai Murni Namun Tetap Wangi, Gurih. Kental, dan Enak Rasanya

Melakukan diet memang harus mendisiplinkan mengkonsumsi makanan tertentu yang sudah direncanakan. Untuk pelaku diet vegetarian sendiri, lebih menitikberatkan mengkonsumsi pada makanan vegetarian termasuk jenis kacang-kacangan. Dengan begini, mengkonsumsi susu kedelai bisa jadi menjadi rutinitas harian para dieters.

Setiap mau meminum susu kedelai, cukup mengambil kacang dalam takaran satu cangkir teh. Takaran tersebut untuk menghasilkan susu satu gelas berukuran besar. Bisa lebih dari itu namun nanti susunya tidak kental.

Cukup melakukan pem-blender-an untuk menghaluskan kacang kedelai. Kasih air setengah gelas yang sekitaranya tidak terlalu menenggelamkan kacang. Lakukan prosesnya sampai benar-benar halus agar penyaringan cukup dilakukan sekali saja. Gunakan kain penyaringan agar mudah disaring sambil diperas-peras. Lalu tambahkan air lagi sampai mencapai 1 gelas besar.

Lakukan perebusan sampai mendidih. Tunggu beberapa detik setelah mendidih sambil diaduk-aduk. Bila merasa khawatir, anda bisa menunggu sampai beberapa menit agar kuman dan bakteri bisa mati. Intinya lakukan perebusannya sampai batas yang dianjurkan oleh pakar kesehatan.

Susu kedelai siap dinikmati dalam keadaan hangat. Selamat menikmati menu harian diet sehat.